Wednesday, October 16, 2019

Bandwidth Jaringan - Komunikasi Data

BANDWIDTH JARINGAN

A. Pengertian Bandwith
      
      Bandwidth adalah Kapasitas yang dapat digunakan pada kabe; ethernet agar dapat dilewati trafk paket data dengan maksimal tertentu atau singkatnya bandwith adalah jumlah konsumsi transfer data yang dihitung dalam satuan waktu bit per second (bps).
Bandwidth Jaringan - Komunikasi DataAdd caption

  1. Fungsi Bandwdith

  • Ukuran media pengirim data
  • Membagi kecepatan transfer data
  • Mengatur besar data yang ditransfer

  2. Contoh Bandwidth Pada Komputer
  • Bandwidth digital
         Satuan hitung dari data yang ditransfer dalam bit per second dalam sebuah jaringan             yang dapat dikirimkan melalui suatu saluran komunikasi tanpa hambatan. Bandwidth             ini mengirimkan informasi secara digital, baik melalui saluran kabel atau tanpa                       menggunakan kabel (nirkabel).
  • Bandwidth analog
         Fungsinya sama seperti bandwidth digital, yang membedakan adalah satuan                         hitungnya menggunakan  Hertz.

B. Kebutuhan Bandwith dalam Jaringan

Kebuthan Bandwith dalam suatu jaringan ke jaaringan lainnya, agar penggunaan bandwith dalam jaringan lebih efektif client harus mengetahui kebutuhan layananan untuk dirinya sehingga dapat menghitung atau memperkirakan total bandwith yang dibutuhkan. Semakin besar bandwith yang digunakan semakin besar juga pembayaran bulanan pada ISP.

C. Keragaman Kebutuhan Bandwith sesuai Kebutuhan
Bandwidth mengacu pada data rate yang didukung oleh koneksi jaringan yang terhubung ke jaringan. Biasanya diekspresikan daqlam istilah bit per sekon (bps) atau byte per sekon (Bps).Bandwidth jaringan mewakili kapasitas koneksi jaringan,walaupun penting untuk memahami beda antara throughput secara teoris dan hasil nyatanya.
Disqus Comments