Wednesday, November 13, 2019

Menganalisis Kebutuhan Telekomunikasi dalam Jaringan - Komunikasi Data

Menganalisis Kebutuhan Telekomunikasi dalam Jaringan

1. Analisis dan Peninjauan lapangan

Menganalisis Kebutuhan Telekomunikasi dalam Jaringan - Komunikasi Data
        Internet (Interconnection Networking) adalah seluruh jaringan pada komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (Paket Switching Communication Protocol) untuk melayani jutaan bahkan milyaran pengguna di seluruh dunia. Rangkaian Internet yang terbesar adalah Internet.

Kebutuhan Internet Masyarakat
Mungkin pada zaman dulu internet merupakan hanya sebagai sarana pelengkap atau hiburan saja,tetapi sekarang kedudukan internet telah berubah,yaitu telah menjadi sebuah kebutuhan bagi setiap orang .baik di kota kota besar maupun di pelosok desa.Semuanya sudah hampir mengenal internet dan menggunakan internet untuk berbagai keperluan.Seperti ibu rumah tangga bisa menggunakan internet untuk mencari resep makanan, pedagang bisa menjual dagangannya di toko online lewat internet,mengirim surat secara cepat menggunakan email di internet dan yang lebih besar lagi adalah hampir semua transaksi yang terjadi saat ini telah menggunakan internet, seperti transaksi perbankan dan transaksi – transaksi lainya.
Jadi betapa pentingnya internet sekarang ini bagi kehidupan kita, dan yang sudah merupakan kebutuhan.

Dampak Positif Internet
  • Internet sebagai media komunikasi.
  • Media untuk mencari informasi
  • Sumber penghasilan 
  • Kemudahan bisnis
  • Sumber informasi. 
  • Kemudahan memperoleh informasi. 
  • Media pertukaran data.
Dampak Negatif Internet
  • Pornografi. 
  • Penipuan.
  • Mengurangi sifat sosial.
  • Kecanduan.
2. Analisis Kebutuhan Sumber Daya dalam Telekomunikasi    
       Sumber daya dalam telekomunikasi menjadi titik  berat atau pusat perhatian oleh setiap orang menggunakan telekomunikasi tersebut,baik itu client/pemakai maupun administrator jaringan telekomunikasi tersebut.
Dalam menganalisis sumberdaya komunikasi ada beberapa faktor acuan untuk dipertimbangkan setiap administrator,yaitu:
  • Kebutuhan pemakai/client.
Jumlah pengguna rata-rata.
  • Kecepatan transfer.
  • Biaya operasional.

Sumber daya yang dibutuhkan dalam komunikasi:
  • Wireline (Jaringan Kabel)
Wireline adalah berbagai sumber daya yang dimiliki untuk berkomunikasi secara elektronik,atau Jaringan internet tanpa kabel.
Kabel yang digunakan:
  1. Kabel Coaxial
  2. kabel Twisted Pair
  3. Kabel Serat Optik(Fiber Optik)
  • Wireless(Jaringan tanpa Kabel)
Wireless merupakan jaringan komputer yang menghubungkan komputer lain atau dengan internet tanpa menggunakan kabel.Dapat diganti dengan menggunakan:

  1. Gelombang Radio
  2. Sinar inframerah
  3. Bluetooth
  4. Gelombang mikro
  • Jaringan Dengan Modem
Modem merupakan perangkat keras pada jaringan komputer untuk menghubungkan Local Area Network dengan jaringan Internet. Modem mengubah komunikasi dua arah yang awalnya dari sinyal digital menjadi sinyal analog ataupun sebaliknya. Sinyal digital dikirimkan dari komputer kemudian berubah menjadi sinyal analog.

Jenis - jenis modem pada jaringan internet :
    1. Modem Internal merupakan sebuah kartu yang dipasangkan pada slot motherboard. Keuntungan modem ini adalah cara pemasangannya mudah dan harganya relatif lebih murah.
    2. Modem Eksternal adalah modem yang dipasang diluar komputer, biasanya ditancapkan pada slot USB.
    3. Modem yang menggunakan media kabel yaitu sebuah modem yang menggunakan kabel sebagai media perantaranya (contoh: TV kabel dan jaringan telepon).
    4. Modem tanpa kabel, modem ini menggunakan media tanpa kabel untuk perantaranya (contoh: modem GSM, Modem CDMA dan lain-lain).

    • Komunikasi dengan Satelit
    Komunikasi tanpa kabel yang menggunakan satelit sebagai pemancar, penerima dan penguat. Sistem komunikasi ini menggunakan gelombang sebagai penghantar datanya.
      3. Analisis Kebutuhan Perangkat dalam Telekomunikasi

      Analisis kebutuhan perangkat dalam telekomunikasi

      Jenis-jenis kabel:

       1. kabel coaxial
       2. twisted pair
       3. serat optik
       4. kabel UTP
       5. NIC
       6. Router
       7. Switch
       8. PC
       9. Modem
       10. Antena pemancar

      4. Dasar Router
      • Dasar-dasar router

      Menganalisis Kebutuhan Telekomunikasi dalam Jaringan - Komunikasi Data
          Router adalah perangkat network yang digunakan untuk menghubungkan beberapa network, baik network yang sama maupun berbeda dari segi teknologinya seperti menghubungkan network yang menggunakan topologi Bus, Star dan Ring.  Router minimal memiliki 2 network interface. Dalam postingan sebelumnya tentang mengenal teknik subneting telah disinggung bahwa koneksi antar network (jaringan dengan subnet IP yang berbeda) hanya bisa terjadi dengan bantuan Router.

      Pengertian Router
      Router adalah sebuah alat yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing. Proses routing terjadi pada lapisan 3 (Lapisan jaringan seperti Internet Protocol) dari stack protokol tujuh-lapis OSI.

            Router berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Router berbeda dengan switch. Switch merupakan penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu Local Area Network (LAN).

      • Konfigurasi Router
      Router tidak mempunyai layar monitor untuk berinteraksi dengan network administrator, oleh karena itu, kita membutuhkan sebuah PC untuk men-setup sebuah router.
      PC tersebut harus disambungkan ke router tersebut dengan salah satu dari cara berikut:
           1.  melalui console port
           2. melalui Network

      • Konfigurasi Dasar Router 
      1. Konfigurasi IP Address
           Konfigurasi IP address digunakan untuk mengkoneksikan router dengan Komputer.Komputer dihubungkan dengan port Fa0/0 pada router, maka yang di konfigurasi Fa0/0. Pertama masuk ke terminal pada komputer untuk masuk ke router menggunakan line console, masuk ke Global configuration mode, kemudian masuk ke interface yang akan kita konfigurasi, saya menggunakan IP 192.168.50.1/24 untuk Fa0/0 di router.
      Perintah Konfigurasi:Router(config)#interface fastEthernet 0/0
      Router(config-if)#ip address 192.168.50.1 255.255.255.0
      Router(config-if)#no shutdown


      Konfigurasi IP Address pada komputer menggunakan IP Address yang 1 network dengan router, saya menggunakan 192.168.50.2/24, ping dari komputer ke router untuk menguji konektivitasnya.

      2. Konfigurasi Line VTY Password
           VTY (virtual tty) adalah line yang digunakan untuk akses konfigurasi router via telnet atau ssh. Ini bukan line fisik tapi virtual, konfigurasi ini berguna agar kita bisa mengontrol cisco router dari jarak jauh (remote) dan tidak sembarang orang bisa masuk. Masuk ke Global configuration mode dengan perintah
      Router(config)#line vty 0 8
      Router(config-line)#password 123456  (atau isikan password sesuka kalian)
      Router(config-line)#login
      Perintah di atas saya berikan password 123456 pada line vty, dan perintah login untuk meng enable kan penggunaan password. Maksud dari perintah line vty 0 8 adalah kita membuka 9 jalur line vty, jadi dalam saat yang sama bisa secara bersamaan 9 orang masuk ke router, misal kita ganti line vty 0 2, berarti 3 orang bisa masuk dalam waktu bersamaan. Untuk mengecek konfigurasi, buka command prompt yang ada di Komputer, gunakan perintah telnet ke IP Address router, setelah memasukan password, kita sudah bisa me remote router.

      3. Konfigurasi Enable Password
      Konfigurasi password untuk masuk Privileged EXEC mode (enable mode), perintahnya menggunakan enable password, tapi ini sangat tidak direkomendasikan karena tidak mengenkripsi password dengan mekanisme enkripsi yang kuat. Untuk konfigurasi password yang dienkripsi menggunakan perintah enable secret. Masuk ke Global Configuration mode
      Menggunakan enable password :
      Router(config)#enable password 123456
      Saat melihat konfigurasi yang sedang berjalan dengan perintah show running-config di Privileged EXEC mode, akan terlihat baris konfigurasi dengan password yang saya gunakan tadi.
      Disqus Comments